Rabu, 02 Oktober 2013

BULAN




Bulan adalah satu-satunya satelit alam bumi, berada di sekitar 384.000 km. Bulan merupakan benda yang paling terang setelah Matahari di langit kita, 2.000 kali lebih terang dari Venus. Asal Bulan sampai sekarang masih diperdebatkan. 

LIBRASI BULAN
Walaupun hanya satu sisi Bulan yang menghadap bumi setiap saat, pengamat yang teliti bisa melihat 59% permukaan bulan. Variasi ini disebabkan fakta bahwa Bulan berotasi pada kecepatan yang sama tetapi mengelilingi bumi pada kecepatan yang berbeda karena orbitnya yang berbentuk lonjong, akan bertambah cepat jika mendekati bumi. Animasi di atas menunjukkan simulasi Bulan dalam periode 1 bulan.
Librasi (bahasa Inggris: libration) dalam astronomi adalah osilasi yang sangat lambat dari satelit yang dilihat dari benda langit yang dikelilinginya. Librasi berasal dari kata kerja bahasa Latin libro yang berarti "untuk menyeimbangi". Umumnya librasi mengacu ke Bulan terhadap bumi.
Walaupun Bulan tetap menjaga sisi yang sama terhadap bumi selama berevolusi mengelilingi bumi, pengamat di bumi dapat melihat total 59% permukaan Bulan pada waktu yang berbeda.
Bulan selalu menjaga sisi yang sama terhadap bumi selama berevolusi mengelilingi bumi. Orbit bulan tidak sirkular dan beredar pada kecepatan yang berbeda-beda. Oleh karena itulah kita dapat melihat lebih banyak dari hanya sekedar mukanya. Gejala yang disebut librasi ini berarti bahwa sekitar 59% dari permukaan Bulan terlihat dari Bumi.

Fase-fase Bulan
Fase-fase Bulan disebabkan oleh perubahan yang selalu terjadi pada sudut yang dibentuk oleh Matahari dan Bulan saat Bulan berputar mengelilingi bumi. Ketika Bulan berada di arah yang Berlawanan dengan Matahari, Matahari bersinar langsung pada permukaan bulan menghasilkan Bulan Purnama.

Gerhana Bulan
Gerhana terjadi jika Bumi melintas langsung antara Matahari dan Bulan penuh sehingga bayangan Bumi jatuh pada permukan Bulan. Hal ini membuat Bulan gelap selama gerhana



Pasang-Surut Air Laut
Gaya tarik gravitasi Bulan dan matahari menyebabkan air laut di Bumi naik dan turun. Efek ini disebut pasang. Ketika Matahari, Bulan, dan Bumi berada pada satu garis lurus pada Bulan Baru atau Bulan Penuh, "tarikan" pasang dalam keadaan maksimum (pasang purnama). Ketika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar