Selasa, 15 September 2009

Metode Penelitian Geografi

Berdasarkan prinsip geografi, jelaslah bahwa pengetahuan geografi diperoleh melalui penelitian. Untuk melakukan penelitian diperlukan metode. Metode penelitian geografi berguna untuk mempelajari karakteristik Bumi dan kegiatan manusia. Beberapa bentuk metode penelitian geografi sebagai berikut.

1. Studi Lapangan
Pengamatan secara langsung di lapangan berguna untuk mengetahui dan memahami permukaan Bumi serta kegiatan manusia. Metode ini dilakukan dengan terjun langsung mengamati objek di lapangan. Dengan melakukan studi lapangan akan diketahui karakteristik khusus permukaan
Bumi. Gambar 2.3 menunjukkan contoh studi lapangan, yaitu pengamatan kenaikan permukaan air sungai di titik keluar (outlet) daerah tangkapan hujan.

2. Pemetaan
Metode ini dilakukan dengan menyeleksi berbagai informasi di daerah yang akan dipetakan. Seleksi menghasilkan informasi objek terpilih yang diperlukan saja sehingga dapat menggambarkan tempat, pola, dan karakteristik unsur geografi dalam peta.

3. Wawancara (Interview)
Metode ini dilakukan dengan mengajukan pertanyaan kepada responden tentang hal-hal yang perlu diketahui. Responden diharapkan menjawab dengan jelas atas semua pertanyaan. Metode ini dipilih bila hal-hal yang ingin diketahui tidak dapat diperoleh dengan metode pengamatan. Contoh: alasan penduduk tetap tinggal dalam wilayah rawan bencana banjir.

4. Kuantitatif
Metode kuantitatif merupakan metode penelitian geografi yang menggunakan perhitungan matematika dan statistika. Pengujian hasil penelitian yang berupa angkaangka dilakukan dengan bantuan komputer. Dengan metode ini, peneliti dapat menyederhanakan informasi yang rumit
dan hasil penelitian disajikan dalam bentuk yang sederhana.

5. Penggunaan Sarana Ilmiah
Metode penggunaan sarana ilmiah dalam penelitian geografi, misalnya penginderaan jauh. Penginderaan jauh dapat membantu untuk mengidentifikasi dan mempelajari permukaan Bumi yang sulit dijangkau dengan studi lapangan. Contoh penggunaan sarana ilmiah yang berupa
teknologi penginderaan jauh ditunjukkan pada gambar 2.4. Belajar geografi tidaklah sulit. Agar mudah belajar geografi, kamu hanya memerlukan kerangka kerja dan mengenali aspek dalam geografi. Kerangka kerja geografi
dapat berupa suatu model pendekatan terhadap suatu fenomena.



A. Jawablah pertanyaan dengan tepat!

1.Menurutmu pendekatan apa yang sesuai untuk membantu menganalisis masalah peningkatan laju urbanisasi? Jelaskan pendapatmu!

2.Pendekatan apakah yang sesuai digunakan untuk menganalisis pembukaan lokasi transmigrasi baru? Jelaskan pendapatmu!

3.Jelaskan alasan mengapa geografi menganut prinsip penyebaran!

4.Apakah dasar yang digunakan oleh geografi dalam menganut prinsip deskripsi?

5.Suatu penelitian di dalam geografi dapat dilakukan dengan memilih metode yang tepat atau memadukan beberapa metode. Menurutmu, metode apakah yang bisa digunakan untuk meneliti dampak pengadaan jalur bus way (trans Jakarta) pada masyarakat Jakarta?


B. Artikel
51 Hektare Hutan di Polewali Mandar Terbakar
Dalam tempo kurang lebih satu bulan, sedikitnya 51 hektare kawasan hutan di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, terbakar. Sebanyak 5 titik kobaran api yang melanda Kecamatan Anreapi, Alu, dan Mapili. Di Kecamatan Mapili, kebakaran menimpa areal bekas hutan rakyat di Dusun Lelo, Desa Beroangin, dan menghanguskan sedikitnya 19 hektare lahan. Kebakaran juga terjadi di Dusun Salurihan, Kecamatan Alu yang menghanguskan 10 Hektar hutan bekas Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan. Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Polewali Mandar, Andi Ismail, mengatakan faktor utama penyebab kebakaran akibat ulah petani yang membuka lahan dengan cara membakar. ”Musim kemarau memang rawan kebakaran, apalagi banyak petani yang membuka lahan pertanian dengan caranya sendiri,” katanya. Dinas Kehutanan dan Perkebunan mengaku tidak bisa berbuat banyak. ”Kami cukup kesulitan mengawasi puluhan ribu hektare hutan, sementara jumlah personel kehutanan tidak sebanding,” ujarnya.

Berdasarkan artikel di atas, lakukanlah analisis dengan menggunakan pertanyaan 5W 1H!


C. Tugas.
Kegiatan kali ini akan membantumu mampu menjelaskan prinsip geografi, tidak hanya secara teori tetapi juga bagaimana penerapannya di lapangan. Sebagai petunjuknya, ikuti langkah-langkah berikut.

Mengkaji dampak Sosial Meluapnya Lumpur Lapindo
1. Tujuan: Menerapkan prinsip geografi untuk mengkaji dampak sosial meluapnya lumpur Lapindo.

2. Alat dan Bahan:
a. Alat tulis.
b. Artikel dari berbagai media massa.

3. Langkah Kerja:
a. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang luapan
lumpur Lapindo.
b. Setelah informasi terkumpul, lakukan analisis dengan menggunakan keempat prinsip geografi, yaitu prinsip penyebaran, interelasi, deskripsi, dan korologi. Sehingga analisismu nanti bisa menjawab bagaimana penyebaran
fenomena ini serta bagaimana interelasi dengan masyarakat setempat. Tuangkan analisismu dalam bentuk deskripsi.

4 komentar:

  1. salam kenal, artikelnya bermanfaat

    BalasHapus
  2. Mengapa penggunaan peralatan ilmiah sangat penting dlm penelitian geografi?

    BalasHapus
  3. sumber nya dapat dari buku mana ya mass,,, ??

    BalasHapus